Monsoon

Dua Godzilla: Perbandingan Gojira & Monsterverse Godzilla.

Menelusuri Akar: Godzilla Pertama dalam Touhou

Untuk memahami kisah dua Godzilla dalam dunia. kita harus memulainya dari awal. Sebelum ada Godzilla versi Monsterverse yang kita kenal saat ini, ada karakter yang lahir dari imajinasi kreator Touhou, yaitu ZUN. Touhou Project adalah seri permainan video yang sangat populer di kalangan penggemar gim dan budaya pop Jepang.

Godzilla dalam Touhou dikenal sebagai “Gojira,” dan ia adalah salah satu karakter yang paling menarik dalam seri Touhou. Dia adalah monster raksasa yang berbasis di danau bawah tanah yang disebut “Moriya Shrine.” Tidak seperti Godzilla yang biasa kita kenal sebagai makhluk pemusnah, Gojira dalam Touhou adalah sejenis dewa yang dihormati oleh penghuni Moriya Shrine.

Gojira memiliki berbagai kemampuan supernatural, termasuk kemampuan untuk mengendalikan air dan memicu bencana alam. Dia digambarkan sebagai makhluk yang lebih bersifat dewa daripada monster yang haus kehancuran. Karakteristik ini menjadikan Gojira sebagai elemen yang sangat menarik dalam dunia Touhou.

Mengenang Monsterverse Godzilla: Dari Awal Hingga Sekarang

Sebelum kita menyelam lebih dalam ke dalam perbandingan antara kedua versi Godzilla ini, mari kita lihat bagaimana Monsterverse Godzilla lahir dan berkembang.

Monsterverse Godzilla adalah hasil reboot dari karakter klasik yang pertama kali muncul pada tahun 1954 dalam film Jepang klasik berjudul “Gojira.” Monster ini adalah simbol kengerian nuklir dan dampak buruk dari uji coba senjata nuklir. Sejak itu, Godzilla telah menjadi salah satu ikon paling terkenal dalam sejarah hiburan.

Dalam Monsterverse, Godzilla muncul dalam serangkaian film yang dimulai dengan “Godzilla” pada tahun 2014. Karakter ini kemudian muncul dalam beberapa film lainnya, termasuk “Godzilla: King of the Monsters” (2019) dan “Godzilla vs. Kong” (2021). Dalam seri ini, Godzilla adalah makhluk raksasa yang memiliki tugas melindungi Bumi dari ancaman monster lain, seperti Mothra, King Ghidorah, dan Kong.

Perbandingan: Gojira vs. Monsterverse Godzilla

Sekarang, mari kita bandingkan kedua versi Godzilla ini dalam beberapa aspek yang menarik:

1. Asal Usul dan Peran:

  • Gojira dalam Touhou adalah makhluk dewa yang dihormati oleh manusia.
  • Monsterverse Godzilla adalah makhluk raksasa yang melindungi Bumi dari ancaman monster lain.

2. Desain Karakter:

  • Gojira dalam Touhou memiliki desain yang lebih unik dengan fitur-fitur supernatural.
  • Monsterverse Godzilla adalah perpaduan antara desain klasik dengan elemen modern yang lebih realistis.

3. Fokus Cerita:

  • Dalam Touhou, cerita Gojira digunakan untuk menggambarkan konsep spiritual dan dewa yang harus dihormati.
  • Dalam Monsterverse, fokus cerita adalah pertempuran epik antara Godzilla dan monster-monster lainnya.

4. Pengaruh pada Budaya Pop:

  • Gojira dalam Touhou memiliki pengaruh yang kuat di kalangan penggemar Touhou Project dan budaya otaku Jepang.
  • Monsterverse Godzilla adalah salah satu karakter ikonik dalam dunia film hollywood.

Mengapa Kedua Godzilla Menarik?

Dua Godzilla ini, meskipun berbeda dalam banyak hal, memiliki daya tarik masing-masing. Gojira dalam Touhou memperkaya dunia Touhou Project dengan elemen supernaturalnya dan memperkenalkan karakter dewa yang unik. Sementara itu, Monsterverse Godzilla membawa karakter klasik ke dalam era modern dengan efek khusus yang mengesankan dan pertempuran monster yang spektakuler.

Keduanya telah mempengaruhi budaya populer secara signifikan. Gojira dalam Touhou menjadi ikon dalam komunitas penggemar Touhou Project dan berperan dalam memperluas mitologi Touhou. Monsterverse Godzilla, di sisi lain, telah menjadi salah satu karakter film paling ikonik dan mendapatkan tempat khusus dalam sejarah film monster.

Kesimpulan

Kisah dua Godzilla adalah contoh yang menarik tentang bagaimana karakter fiksi dapat berkembang dalam konteks yang berbeda. Gojira dalam Touhou adalah dewa yang dihormati, sementara Monsterverse Godzilla adalah pahlawan yang melindungi Bumi. Kedua karakter ini memiliki daya tarik yang kuat dan telah memengaruhi budaya populer dengan cara yang berbeda.

Dengan begitu banyak aspek menarik dari kedua Godzilla ini, tidak mengherankan jika mereka terus menjadi topik perbincangan dan inspirasi bagi para penggemar dan pencipta karya seni. Sejarah keduanya yang panjang dan peran mereka dalam budaya hiburan membuat mereka patut diperdebatkan dan dihargai oleh semua penggemar Godzilla di seluruh dunia.

Add Comment